Minggu, 03 Oktober 2010

Digital theory: theorizing New Media

Tidak ada metode atau menetapkan kerangka teoretis untuk mempelajari New Media. field adalah hal yang kompleks dan beragam dan akan sangat naif untuk menyarankan bahwa pendekatan metodologis dan teoritis bisa dibuat dan dianggap sebagai definitif. Memang, seperti David Bell menunjukkan pada bab berikut, metode yang berbeda kompleksitas teoritis yang menggambarkan New Media bahkan mungkin mencerminkan keadaan bersih saat bermain di Web dan penelitian, menunjukkan keterbukaan New Media untuk 'cut and paste' dan pendekatan teoretis bersama-sama. Namun, meskipun mungkin tidak benar-benar menjadi sesuatu yang jelas dilihat sebagai 'teori digital ", yang seharusnya tidak menghalangi kita dari menemukan dan mengeksplorasi satu set baru isu teoritis dan metodologi yang lebih baik mungkin cocok dan media mencerminkan usia kita saat ini. Jika kita menghargai apa pendekatan-pendekatan teoretis baru ke New Media mungkin, adalah penting bahwa kita pertama garis besar cara media cenderung dianalisis dan dijelaskan secara historis. Ini karena, daripada menjadi menggulingkan sistematis tren sebelumnya, pendekatan-pendekatan teoretis baru yang pasti perkembangan dan reaksi dengan cara media yang telah dipahami dan teori di masa lalu.

Modernisasi dan ‘Old media’

Mulai kira-kira pada akhir abad ke-19, modernisasi adalah istilah umum yang kita berikan untuk cara yang digunakan masyarakat dalam menanggapi perubahan yang terjadi selama revolusi industry. Dengan berakar pada pencerahan periode abad ke-18, modernisasi cenderung untuk menantang dan teokratis yang berpusat pada Tuhan, pengertian tentang dunia yang telah membantu mendefinisikan masyarakat atau manusia di masa lalu.

Ide seperti evolusi dalam Biologi, komunisme dalam politik, teori relativitas dalam fisika, muncul dari psikoanalisis yang mencoba untuk menjelaskan alam semesta dalam bidang ilmiah atau quasi-ilmiah istilah. Dengan cara ini, modernisasi cenderung untuk menantang dan merevolusi mistisisme agama di dunia pra-industri.

Dengan keyakinan dalam kemajuan ilmiah, banyak aspek modernisasi yang cenderung memiliki keyakinan yang optimis dalam kuasa modernitas untuk mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik. Namun, karena abad kedua puluh berkembang, sehingga brutal efek ilmu pengetahuan dan industrialisasi pada kehidupan manusia (khususnya di perang dunia pertama dan kedua) menjadi semakin jelas. Secara khusus, banyak modernis datang untuk melihat industrialisasi sebagai musuh pemikiran bebas dan individualitas; menghasilkan alam semesta yang dasarnya dingin dan tanpa jiwa. Hal ini menjadi alasan bahwa reaksi modernism terhadap modernitas sering dianggap sebagai intens paradox, menawarkan baik perayaan usia teknologi dan liar kutukan itu (Hall 1995:17). Berjuang dengan kontradiksi-kontradiksi ini, seniman modernis berusaha untuk mencerminkan kekacauan dan dislokasi di jantung proses modernisasi. Sebagai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kita mengubah konsepsi masyarakat dan diri kita sendiri, sehingga seniman dan intelektual mencari cara baru untuk mewakili dan mengartikulasikan fragmentasi dari 'dunia berani baru' ini. Surrealisme jelas didramatisasi oleh wawasan Freud ke dalam kekuatan mimpi dan alam bawah sadar, sedangkan futuris yang dianut cinta untuk teknologi, mesin dan kecepatan. Namun, ada juga yang merupakan kecemasan mendalam yang tertanam dalam banyak ungkapan artistik, sedangkan skizofrenia dari pengalaman modern tampaknya ada di jantung sungai 'dari kesadaran ', sedangkan lukisan di ekspresionis Abstrak tampaknya mengartikulasikan lanskap kacau, anarkis, aneh dan nihilistik dari dunia modern. Tersirat dalam gerakan-gerakan artistik adalah keyakinan modernis dalam peran artis, tokoh romantis sering dianggap sebagai pahlawan pengasingan diri yang jenius dan mampu merevolusi dan melampaui baik seni dan dunia di sekitar kita. Seperti David Harvey yang menempatkan itu, perjuangan untuk menghasilkan sebuah karya seni, sesekali dan untuk semua ciptaan yang bisa menemukan tempat yang unik di pasar, harus ada upaya individu yang ditempa di bawah kompetitif keadaan '(penekanan dalam, asli 1990: 22). Dan itu sebagian modernisme keyakinan pada kekuatan seni dan seniman untuk mengubah dunia yang terletak di balik ketidakpercayaan besar dan membenci jenis budaya yang sehari-hari dapat ditemukan di pulp novel, bioskop, televisi, komik, surat kabar, majalah dan sebagainya. Seperti Andreas Huyssen menunjukkan, modernisme hampir konsisten 'tanpa henti dalam Surat permusuhan dengan budaya massa '(1986: 238), dengan alasan bahwa hanya' seni tinggi '(terutama strain yang dikenal sebagai '-avant garde') yang bisa mempertahankan peran sosial dan estetika kritik. Inilah ketegangan antara kedua ekstrem (sebuah 'mindless' budaya massa versus-avant garde yang 'tercerahkan') yang mungkin paling eksplisit didefinisikan modernisme reaksi terhadap perkembangan awal media pada abad kedua puluh.

Postmodernism and New Media

Menurut Pauline Rosenau (1992) mendefinisikan Postmodern secara gamblang dalam istilah yang berlawanan antara lain: Pertama, postmodernisme merupakan kritik atas masyarakat modern dan kegagalannya memenuhi janji-janjinya. Juga postmodern cenderung mengkritik segala sesuatu yang diasosiasikan dengan modernitas.Yaitu pada akumulasi pengalaman peradaban Barat adalah industrialisasi, urbanisasi, kemajuan teknologi, negara bangsa, kehidupan dalam jalur cepat. Namun mereka meragukan prioritas-prioritas modern seperti karier, jabatan, tanggung jawab personal, birokrasi, demokrasi liberal, toleransi, humanisme, egalitarianisme, penelitian objektif, kriteria evaluasi, prosedur netral, peraturan impersonal dan rasionalitas. Kedua, teoritisi postmodern cenderung menolak apa yang biasanya dikenal dengan pandangan dunia (world view), metanarasi, totalitas, dan sebagainya
kesimpulannya, New Media muncul bersamaan dengan Modernisme yang membuat segalanya serba canggih dan digital, serta sangat efektif dan mengguntungkan bagi kebanyakan manusia di dunia untuk mencari informasi yaitu dengan menggunakan media internet (kebanyakan orang karena lebih mudah di akses)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar