Senin, 05 April 2010

Manusia dan Cinta Kasih

Manusia pada dasarnya adalah manusia yang penyayang, oleh sebab itu manusia berhubungan erat dengan sifat yan bernama cinta kasih. Asal kata cinta kasih itu adalah cinta yang berarti rasa ingin memiliki, melindungi dan rasa saling percaya antara dua oran manusia. Sedangkan kasih itu sendiri ialah rasa ingin memberi, rasa saling menyayangi dan rasa ingin mengasihi.

Cinta kasih pada manusia telah ada dari jaman dahulu kala, sejak nabi Adam dan siti Hawa telah tercipta bahkan sejak sebelum meraka berdua ada Tuhan telah menebar cinta kasihnya kepada makhluk-makhluknya untuk dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Semua yang ada di alam ini pada hakikatnya adalah perwujudan dari rasa cinta kasih Tuhan kepada makhluknya yang diwujudkan dengan kenikmatan-kenikmatan yang ada di dunia ini.

Rasa cinta kasih pada manusia adalah salah satu sifat manusia yang paling indah diantara sifat-sifat manusia yang lainnya. Rasa cinta pada manusia dapat diberikan kepada orang-orang terdekat dalam hidup seseorang, misalnya kepada orang tua, kepada saudara dan kepada sahabat atau orang-orang disekelilingnya yang sangat dekat dengannya.

Rasa cinta kasih itu sendiri timbul karna factor alam dan factor yang dibuat oleh manusia itu sendiri. Rasa cinta karna factor alam yaitu rasa cinta pada keluarga dan saudara karna sama-sama satu ikatan darah dan karena mereka itu sendiri rata-rata memiliki ikatan batin antara satu dengan yang lainnya, jadi ketika satu orang dari keluarga terkena musibah maka anggota keluarga yang lainnya pun juga ikut merasakan penderitaan yang sama bahkan lebih. Rasa cinta yang timbul dari factor yang dibuat oleh manusia itu sendiri ialah rasa cinta kepada sahabat atau kekasih. Rasa cinta kasih tersebut timbul karena adanya intensitas pertemuan yang banyak dalam waktu yang lama atau karna rasa senasib sependiritaan atau karna seseorang merasa nyaman ketika dekat dengan manusia lainnya yang disebabkan hormone feromon yang aktif ketika seseorang berdekatan dengan manusia yang lainnya. Rasa cinta tersebut biasanya akan pudar seiring dengan berjalannya waktu ketika salah satu manusia itu mengalami kejenuha terhadap manusia yang lainnya atau karna kurang kecocokan lagi antara manusia dengan manusia yanglainnya.

Dengan adanya rasa cinta kasih itu sendiri, maka manusiadapat melakukan berbagai hal. Seperti melakukan hal-hal yang bertindak diluar batas kewajaran manusia disebabkan oleh rasa cinta itu sendiri krpada manusia yang lainnya. Sikap tersebut dirasakan wajar oleh si subjek untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada manusia yang lainnya. Atau juga manusia dapat membuat suatu kreatifitas karnaada dorongan dari rasa cinta dan kasih untuk melakukan sesuatu kepada orang yang mereka sayangi.

Oleh sebab itulah manusia dan cinta kasih tidak dapat dipisahkan oleh semua aspek kehidupan di dunia ini dengan alasan apapun. Manusia akan lebih bermakna dengan cinta kasih, dan manusia akan menjadi manusia yang sempurna dengan cinta kasih. Jadi jangan pernah anda membuang rasa cinta kasih itu karena rasa ini memperindah kehidupan anda di dunia ini.

Terima Kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar