Senin, 05 April 2010

Manusia dan Keindahan

Manusia tidak bisa lepas dari keindahan di dunia maupun fisik dan non fisik. Keindahan itu sendiri tercipta dari adanya apresiasi manusia dengan sebuah objek yang disukainya. Keindahan sebenarnya mempunyai tingkat probabilitas yang tinggi oleh setiap manusia. Kadang suatu keindahan tidak terlihat bila tidak dipertunjukan oleh objek tertentu, hanya orang yang bijaklah yang dapat melihat keindahan diatas keindahan yang ada.

Keindahan berasal dari kata indah yang mempunyai makna keadaan yang nikmat dilihat dan ditambah imbuha ke- yang merupakan awalan yang biasanya digunakan untuk menciptakan kata sifat. Jadi keindahan itu sendiri adalah sifat yang nikmat bila dipandang, misalnya keindahan alam Indonesia yang beraneka ragam dan hijau yang membuat alam Indonesia menjadi indah.

Keindahan tercipta dari jaman dahulu kala, sebelum manusia diciptakan. Semua yang berhubungan dengan keindahan pasti akan baik tapi tergantung seseorang itu sendiri ketika menyikapi sebuah keindahan. Jika seseorang yang baik akan selalu bertanggapan positif terhadap sebuah keindahan yang ia lihat dimanapun dan kapan pun. Dan sebaliknya pula, ketika seseorang yang tidak baik ketika menyikapi sebuah keindahan, maka tanggapan ia terhadap keindahan itu sendiri akan menjadi negative apapun itu keindahannya.

Keindahan terdapat dalam berbagai aspek kehidupan yang terdapat pada kehidupan manusia. Keindahan pada aspek social bisa dilihat ketika seseorang saling membantu untuk menjaga keselarasan antara manusia dengan manusia yang lainnya. Keindahan pada aspek seni bisa dilihat atau didengarkan pada setiap bait puisi yang diciptakan oleh penyair-penyair yang diciptakan dengan menumpahkan seluruh apresiasinya terhadap sesuatu yang ia anggap menarik. Keindaha pada aspek budaya dapat terlihat melalui banyaknya keanekaragaman budaya yang ada, keanekaragaman inilah yang membuatnya menjadi indah. Selain pada aspek yang telah disebutkan diatas masih banyak lagi keindahan yang terdapat pada kehidupan manusia.

Keindahan pada dunia ini akan menjadikan dunia ini menjadi lebih nyaman untuk ditempati. Keindahan dapat merubah sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang lebih baik. Dengan adanya keindahan ini manusia dapat merasa tenang, nyaman dan merasa dihargai. Keindahan juga dapat mengubah suasana hati seseorang menjadi lebih bahagia.

Manusia dan keindaha tidak dapat dipisahkan, maka janganlah menghilangkan unsure keindahan pada diri kita, sesungguhnya keindahan adalah hal yang baik untuk dipelihara dan dikembangkan oleh setiap manusia.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar