Senin, 05 April 2010

Manusia dan Penderitaan

Manusia dimanapun pasti pernah mengalami penderitaan, baik penderitaan fisik ataupun penderitaan mental. Manusia dapat menjadikan penderitaan itu sebagai pelajaran ataupun sebagai sebuah kesulitan tergantung dari sifat seseorang itu sendiri. Penderitaan mental dapat meninggalkan bekas yang berdampak psikis kepada seseorang yang mengalami penderitaan tersebut. Penderitaan menjadi sebuah permasalahan yang berat jika disikapi dengan tidak bijak oleh seseorang.

Penderitaan adalah suatu dampak yang timbul akibat tindakan yang tidak disukai oleh seseorang dengan orang yang lainnya. Penderitaan pada umumnya dapat menumbuhkan sifat emosional yang tidak stabil pada seseorang jika penderitaan itu berlangsung secara terus menerus. Pada kasus khusus, penderitaan dapan menimbulkan goncangan jiwa pada si penderita.

Penderitaan dapat disebabkan oleh banyak factor. Penderitaan karna factor asmara yaitu ketika seseorang kecewa pada pasangannya karena pasangannya itu tidak seperti yang diharapkan. Penderitaan karna factor social yaitu ketika seseorang dikucilkan di lingkungan sosialnya karena berbagai alasan. Biasanya seseorang dikucilkan karena keterbatasan fisik dan juga mental, ataupun karena seseorang mengidap penyakit yang dipandang masyarakat sebagai penyakit “nista” misalnya HIV.

Penderitaan pada manusia dapat ditanggulangi dengan cara mengubah cara pandang seseorang kea rah yang lebih baik dan jangan ragu untuk melakukan perubahan pada sikap kita sehari-hari. Karna kebanyakan penderitaan berasal dari dalam diri kita sendiri dan akan terpancar keluar jika masalah yang ditangani sudah berat. Maka dari itu janganlah menunda untuk menyelesaikan masalah yang ada agar tidak berlarut-larut dan menjadi masalah yang besar.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar